Rabu, 10 Februari 2016

Jambore Nasional Pramuka SDIT dan SMPIT Raflesia ikut ambil bagian







Depok, Ratusan anggota pramuka di 11 kecamatan Kota Depok mengikuti seleksi Jambore Tingkat Nasional di Kantor Kwarcab Pramuka Kota Depok, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas, Sabtu (13/6/2015).
Dalam seleksi yang berlangsung dua hari, tepatnya 12-13 Juni, para anggota penggalang pramuka dinilai beberapa persyaratan pendukungnya. Di antaranya persyaratan administrasi, syarat kecakapan khusus, persyaratan kemampuan membuat tenda dan sandi, dan sebagainya.
Jumlah peserta Jambore Nasional yang diadakan tiap lima tahun sekali ini adalah 100 orang. Mereka merupakan penggalang pramuka yang sebelumnya juga telah diseleksi di tiap kwartil.
“Tiap kwartil di 11 kecamatan mengirim wakil-wakil terbaik mereka untuk kembali diseleksi di tingkat Kota Depok,” jelasnya.
Untuk pelaksanaan Jambore Nasional 2016 nanti, Cibubur di daulat menjadi tempat pelaksanaannya. Alasannya, jarak Cibubur tidak terlalu jauh dari Kota Depok sehingga kuota pengiriman peserta Jambore bisa menjadi lebih banyak.
“Untuk saat ini Depok mendapat kuota 64 peserta, dimana dibagi depalan kelompok dengan satu pendamping, tetapi mudah-mudahan kuota dapat lebih,” ujarnya.
Tidak hanya dapat menjadi wakil Depok, ada harapan peserta yang ikut seleksi mampu menjadi Pramuka yang mandiri dan tangguh. Mereka juga diharapkan membawa nama baik Kota Depok di tingkat nasional.
“Menjadi anggota Pramuka yang tangguh dan mandiri berarti harus melewati berbagai persyaratan yang tidak mudah, dalam seleksi ini juga terdapat seleksi petugas upacara,”