Rabu, 10 Februari 2016

Market Day & Open School SDIT Raflesia

 
  Anak yang cerdas bisa dilihat dari 3 aspek, kognitif/pengetahuan, psikomotorik/keterampilan dan afektif/sikap dan tingkah laku. Dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, aspek kognitif selalu diunggulkan dibanding aspek yang lain. Kecerdasan hanya dilihat dari nilai kognitif yang tercantum pada nilai ujian di raport. Jadilah generasi yang pintar kognitif tetapi tidak terampil dan kurang berbudi. Hasilnya tampak jelas melalui TV dengan perilaku senang bertengkat/tawuran, korupsi, tidak percaya diri, menyelesaikan masalah dengan jalan pintas dll. Diperlukan perubahan paradigma, bahwa kecerdasan tidak hanya pada satu sisi yaitu kognitif saja. Kecerdasan juga harus mencakup sisi yang lain yang lebih penting untuk dikembangkan, yaitu psikomotorik dan afektif. Keberhasilan generasi muda di masyarakat dan dunia kerja sangat dipengaruhi oleh aspek psikomotorik dan afektif. Generasi yang mempunyai keterampilan lebih bisa bersaing di dunia kerja. Generasi yang berbudi pekerti & karakter yang baik akan langgeng hidup di masyarakat dan dunia kerja. 


Untuk mendidik generasi yang tangguh, SDIT Raflesia, disamping menggunakan kurikulum nasional, juga melangkapi siswa-siswinya dengan keterampilan, melalui mata pelajaran pilihan (MPP), public speaking, enterpreneur, dan fun cooking. MPP ini melangkapi keterampilan lain yang telah ada. Untuk mengasah afektif siswa, SDIT Raflesia mengembangkan nilai kehidupan melalui budaya sekolah sapta simpatik (senyum, salam, sapa, sopan santun, service, sabar & syukur).
Market Day & Open school SDIT Raflesia yang diselenggarakan pada Sabtu, 14 Desember 2013, diselenggarakan untuk memperkenalkan SDIT Raflesia pada Masyarakat, juga sebagai ajang unjuk diri siswa/siswi SDIT Raflesia kepada orang tua dan masyarakat. Acara ini menampilkan keterampilan siswa/siswi SDIT Raflesia dan hasil karya siswa/siswi dalam bentuk pameran hasil karya siswa. Acara ini juga sebagai apresiasi sekolah terhadap dukungan orang tua siswa atas kepecayaan dan kerjasamanya kepada sekolah. 
Acara ini terselenggara atas kerja keras guru-guru dan Komite Sekolah SDIT Raflesia. Terima kasih semuanya, sukses untuk kita semua, hebat untuk siswa-siswinya & maju terus SDIT Raflesia .....